Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan: Studi Penggunaan Metode Fonik pada Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.2024/sswskp26Abstract
Penelitian ini mengkaji stimulasi kemampuan membaca awal melalui metode fonik pada Kelompok A di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh, Ambulu, Jember. Tujuannya adalah mendeskripsikan upaya guru dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan metode ini. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari kepala sekolah dan guru Kelompok A. Penelitian menemukan bahwa guru menggunakan berbagai teknik, termasuk kartu huruf raba, menulis di pasir, dan lagu fonem. Faktor pendukung meliputi media pembelajaran dan prasarana, sementara faktor penghambat melibatkan keterbatasan waktu, materi yang mahal, dan kebutuhan anak akan bimbingan. Penelitian menyimpulkan bahwa metode fonik, meskipun ada tantangan, dapat secara efektif menstimulasi kemampuan membaca awal jika diterapkan dengan strategi dan sumber daya yang tepat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 STAI RAYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.